Tari Lawung Jajar Sambut Peserta Basket Pelajar Asia

Tari Lawung Jajar Sambut Peserta Basket Pelajar Asia

0

Yogyakarta, (ANTARA News)  – Kontingen kejuaraan basket pelajar Asia disambut dengan tarian tradisional Lawung Jajar dan hidangan soto kudus hangat pada resepsi yang berlangsung di Keraton Yogyakarta,  Sabtu.
   
Tari Lawung Jajar adalah sebuah tarian yang menggambarkan tentang prajurit Keraton Yogyakarta yang sedang berlatih perang dengan menggunakan lawung,  yaitu tombak yang berujung tumpul.
   
Tarian ini biasanya dibawakan dengan tujuan sebagai tontonan bagi wisatawan lokal maupun asing yang sedang mengunjungi Keraton Yogyakarta,
   
Adalah Sri Sultan Hamengkubuwono I (1755-1792)  yang menciptakan tarian ini dengan ide yang diambil kegiatan di alun alun ketika prajurit naik kuda menggunakan lawung saat latihan perang.
    
Upacara penyambutan yang juga dimeriahkan berbagai musik tradisional itu juga sekaligus dibukanya secara resmi kejuaraan yang diikuti China,  Hong Kong,  Thailand dan tuan rumah Indonesia.
  
Ketua Panitia kejuaraan Washinton Galingging mengatakan,  kejuaraan tiga tahunan itu merupakan salah satu dari kalender Federation Pekan Olahraga Pelajar Asia (ASSF) yang secara keseluruhan mempertandingkan 12 cabang olahraga.
   
“Peserta memang sedikit,  waktu pertemuan  sebelumnya ada sepuluh negara yang menyatakan ikut,  tapi satu persatu menyatakan mundur dengan berbagai alasan sehingga menyisakan empat negara,”  kata Washinton yang juga Asisten Deputi  Bidang Pembibitan dan Iptek Olahraga itu.
     
Sementara itu,  Mulyana, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora mengharapkan sedikitnya jumlah peserta tidak mengurangi semangat bertanding seluruh peserta.
   
“Khusus bagi tuan rumah Indonesia,  kejuaraan ini setidaknya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman,  terutama lawan tim tangguh China,”  kata Mulyana yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Yogyakarta Kadarmanta Baskara,  yang mewakili  Sultan Hamengkubuwono X. Atlet putri asal Hong Kong menikmati hidangan soto kudus pada saat acara penyambutan kontingen kejuaraan basket pelajar Asia di Keraton Yogyakarta, Sabtu (8/9/2018) (Atman Ahdiat)
   
Tim putra maupun putri Indonesia akan mengawali kejuaraan,  Minggu, menghadapi China pada pertandingan yang berlangsung di GOR Among Rogo,  Yogyakarta. **4* * “
(T. A032

Baca juga: Basket Indonesia siap bertarung di kejuaraan pelajar Asia

Baca juga: “Lady” Adelaide, andalan Indonesia di kejuaraan basket pelajar Asia

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.

Leave a Reply